Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Cuaca Hari Ini, Hujan Diprakirakan Mengguyur Mayoritas Kota Besar

Foto : ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Ilustrasi - Sejumlah siswa terpaksa berpayung daun pisang untuk melindungi tubuh mereka dari hujan saat pulang sekolah, di desa Cemoro Kandang, Malang, Jawa Timur.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan kondisi cuaca kota-kota besar di Indonesia hari ini didominasi hujan akibat keberadaan tiga sirkulasi siklonik dan bibit siklon tropis 91P.

"Tiga sirkulasi siklonik di perairan utara Kalimantan Barat, kemudian Samudera Pasifik utara dari Papua serta Laut Banda. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik," kata Prakirawan BMKG Rif'at Darajat dalam pernyataan yang dikutip di Jakarta, Selasa (7/5).


Rif'at mengatakan bibit siklon tropis 91P yang berada di sekitar Laut Arafuru berpeluang rendah menjadi siklon. Hal ini berdampak hujan sedang hingga lebat dan angin kencang di sekitar wilayah bibit siklon tersebut.

Di Pulau Sumatra, hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang. Hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Bengkulu serta Bandarlampung, dan hujan lebat di Medan.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan yang disertai kilat maupun petir di Padang, Tanjungpinang, Jambi serta Pangkalpinang.


"Bergeser ke Pulau Jawa, cuaca cerah diperkirakan terjadi di Surabaya. Sementara Serang, Semarang, Bandung serta Yogyakarta diprakirakan berawan. Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Jakarta," kata Rif'at.

Selanjutnya, Pulau Bali serta Nusa Tenggara umumnya cerah berawan hingga berawan. Kondisi cuaca Denpasar dan Kupang diprakirakan cerah berawan, sedangkan Mataram diperkirakan berawan.


Di Pulau Kalimantan, cuaca cerah berawan diperkirakan terjadi di Banjarmasin, sementara hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Palangka Raya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top