Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kerja Sama Multilateral

COP-28 Harus Bisa Hapuskan secara Bertahap Bahan Bakar Fosil

Foto : ANDREA RENAULT / AFP

Sekjen PBB, Antonio Guterres jelang pertemuan COP28 di New York, Rabu (29/11). Guterres mengatakan Konferensi iklim COP28 harus bertujuan “menghapuskan” bahan bakar fosil sepenuhnya.

A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK - Konferensi Iklim COP-28 harus bertujuan menghapuskan secara bertahap bahan bakar fosil. Hal itu mesti bisa dilakukan karena akan adanya bencana total terhadap lintasan umat manusia saat ini. Demikian dikatakan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, kepada AFP, di New York, Rabu (29/11).

"Jelas, saya sangat mendukung pernyataan yang mencakup penghentian secara bertahap, bahkan dengan kerangka waktu yang masuk akal," kata Guterres dalam sebuah wawancara sebelum terbang ke Uni Emirat Arab, negara kaya minyak yang menjadi tuan rumah pertemuan dua minggu itu. KTT Iklim PBB dimulai pada 20 November.

Karena tindakan negara-negara tersebut masih jauh dari target paling ambisius dalam Perjanjian Paris, yaitu membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat Celsius, beberapa negara telah menyerukan pernyataan akhir COP-28, yang memerlukan kesepakatan bulat, untuk secara eksplisit menyerukan pengurangan konsumsi bahan bakar fosil.

Ini akan menjadi sejarah pertama bagi pernyataan COP, karena Konferensi Iklim Glasgow 2021 hanya menyepakati penyebutan batu bara. Namun bagi Guterres, yang menjadikan upaya memerangi perubahan iklim sebagai prioritas utama sebagai Sekretaris Jenderal, janji sederhana untuk mengurangi bahan bakar fosil tidaklah cukup.

"Saya pikir akan sangat disayangkan jika kita terus berada dalam penurunan bertahap yang tidak jelas dan tidak ada komitmen, yang makna sebenarnya tidak akan jelas bagi siapa pun," katanya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top