Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Cegah Kecelakaan Akibat Listrik, PLN Cikarang Sosialisasi ke Warga

Foto : ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

Petugas keselamatan, kesehatan kerja lingkungan, dan keamanan (K3L dan Kam) PLN UP3 Cikarang, Jawa Barat, memberikan sosialisasi bahaya listrik kepada warga di wilayah lingkup kerja, Jumat (12/5).

A   A   A   Pengaturan Font

PLN Cikarang ajak warga ikut cegah kecelakaan akibat listrik

KABUPATEN BEKASI - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terus berupaya menumbuhkan kesadaran dan kepedulian warga atas bahaya listrik sekaligus mencegah kecelakaan akibat kelistrikan.

"Sosialisasi ini sangat penting, dilakukan secara berkala dan berkelanjutan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat pada bahaya listrik. Sehingga kecelakaan kelistrikan di masyarakat dapat dicegah," kata Manajer PLN UP3 Cikarang Zamzami di Cikarang, Jumat.

Dia mengatakan sosialisasi bahaya kelistrikan dilakukan dari pintu ke pintu oleh petugas keselamatan, kesehatan kerja lingkungan, dan keamanan menyangkut sejumlah aktivitas masyarakat yang berpotensi menimbulkan bahaya listrik.Antara lain, saat memasang perangkat yang bersinggungan dengan listrik seperti antena, reklame, baliho, umbul-umbul, maupunneon boxdi dekat jaringan listrik.

Kemudian bahaya bermain balon udara dan atau layang-layang menggunakanarkuatau kawat di sekitar instalasi listrik yang berpotensi menyentuh jaringan kelistrikan.

"Lalu mencantol listrik untuk penerangan atau saat mendirikan, memperbaiki bangunan yang terlalu dekat dengan jaringan listrik tanpa koordinasi kepada kami," katanya.

Selanjutnya berkaitan dengan kegiatan membakar sampah, bermain petasan di bawah jaringan listrik, membiarkan ranting pohon mengenai jaringan listrik, memarkir truk dekat jaringan, hingga menebang atau memindahkan bagian pohon serta mengambil buah yang menyentuh jaringan listrik.

Zamzami menyebut kegiatan yang mengganggu jaringan listrik tersebut selain membahayakan juga dapat menyebabkan padam. Apabila itu terjadi, proses pemulihan membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena petugas harus menelusuri sepanjang jaringan untuk mencari titik gangguan.

Dia mengimbau segenap masyarakat untuk segera menghentikan dan melaporkan apabila menemukan aktivitas berbahaya lain yang berhubungan dengan kelistrikan PLN.

"Laporan bisa disampaikan ke kami melalui aplikasi New PLN Mobile yang dapat diunduh di Smartphone melalui Playstore maupun Appstore," kata Zamzami.


Redaktur : -
Penulis : Antara, Alfred

Komentar

Komentar
()

Top