Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Biden dan Zelensky Tandatangani Perjanjian Keamanan 'Bersejarah'

Foto : Yahoo/Mandel NGAN

Presiden AS Joe Biden dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berjabat tangan pada hari penandatanganan perjanjian keamanan baru antara Amerika Serikat dan Ukraina, Savelletri, Italia, 13 Juni 2024.

A   A   A   Pengaturan Font

SAVELLETRI - Presiden Joe Biden dan Volodymyr Zelensky menandatangani perjanjian keamanan penting selama 10 tahun antara Washington dan Kyiv pada hari Kamis (13/6) dalam apa yang disebut oleh pemimpin Ukraina sebagai hari bersejarah dalam perang melawan invasi Russia.

Kesepakatan itu akan membuat Amerika Serikat memberikan berbagai bantuan dan pelatihan militer kepada Ukraina selama dekade berikutnya. Sementara Zelensky mengatakan hal itu akan menjadi jembatan bagi negaranya untuk memenangkan keanggotaan NATO.

Ditandatangani tak lama setelah KTT G7 menyepakati kesepakatan terpisah untuk meminjamkan dana sebesar 50 miliar dollar AS kepada Ukraina berdasarkan dana Russia yang dibekukan, perjanjian ini terjadi ketika Gedung Putih mencoba mengunci dukungan untuk Kyiv menjelang pertarungan pemilu melawan Donald Trump.

"Hari ini adalah hari yang benar-benar bersejarah," kata Zelensky pada konferensi pers bersama dengan Biden setelah mereka menandatangani perjanjian keamanan di sebuah resor mewah dekat lokasi KTT G7 di Italia selatan.

Biden mengatakan mereka telah mengambil "langkah besar di G7 yang secara kolektif menunjukkan (Presiden Russia Vladimir) Putin bahwa dia tidak bisa menunggu kita keluar."
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top