Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Berita Gembira, Ekonomi Korsel Terhindar dari Resesi Berkat Dorongan Belanja Konsumen

Foto : ANTARA/REUTERS/Kim Hong-Ji

Arsip foto - Seorang wanita berbelanja di pasar di Seoul, Korea Selatan, 26 Juli 2016.

A   A   A   Pengaturan Font

Berkat ekspor yang meningkat dan dorongan belanja konsumen, membuat ekonomi Korsel terhindar dari resesi.

Seoul - Berita gembira, ekonomi Korea Selatan pada kuartal pertama meningkat sebesar 0,3 persen dari periode tiga bulan sebelumnya, perkiraan resmi awal menunjukkan pada Selasa, dibandingkan dengan kenaikan rata-rata 0,2 persen yang diperkirakan dalam survei Reuters.

Ini mengikuti kontraksi 0,4 persen dari ekonomi terbesar keempat di Asia itu selama kuartal terakhir tahun 2022, yang merupakan penurunan pertama dalam 2,5 tahun. Ekonom biasanya mendefinisikan resesi sebagai kontraksi dua kuartal berturut-turut.

Setahun sebelumnya, produk domestik bruto (PDB) negara itu meningkat 0,8 persen selama periode Januari-Maret, menurut perkiraan bank sentral Korea, dibandingkan dengan kenaikan 1,3 persen pada kuartal sebelumnya dan 0,9 persen dalam survei.

Penyumbang PDB terbesar pada triwulan I adalah konsumsi swasta yang tumbuh 0,5 persen, sedangkan investasi modal menekan pertumbuhan ekonomi, turun 4,0 persen. Ekspor naik 3,8 persen, sementara impor tumbuh 3,5 persen.

Bank sentral Korea mengatakan awal bulan ini bahwa pertumbuhan ekonomi tahun ini akan lebih lemah dari proyeksi sebelumnya sebesar 1,6 persen, ketika bank sentral mempertahankan suku bunga stabil untuk pertemuan kedua berturut-turut.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top