Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Aksi Jual Investor Asing Mempercepat Kemerosotan Pasar Saham Tiongkok

Foto : Istimewa

Indeks Hang Seng China Enterprises telah turun lebih dari 10 persen sepanjang bulan ini, sementara CSI 300 Tiongkok daratan telah merosot hampir 6 persen.

A   A   A   Pengaturan Font

HONG KONG - Aksi jual pada ekuitas Tiongkok dilaporkan semakin memburuk dalam beberapa hari terakhir, karena investor asing yang bertaruh pada pemulihan ekonomi kehilangan kepercayaan bahwa stimulus ekonomi dari Beijing akan segera dilakukan.

Dikutip dari Financial Times, Indeks Hang Seng China Enterprises, yang merupakan ukuran pencatatan saham-saham besar Tiongkok di Hong Kong, telah turun sekitar 11 persen pada bulan ini setelah merosot 14 persen pada tahun lalu. Indeks acuan CSI 300 untuk saham-saham yang diperdagangkan di dalam negeri telah merosot lebih dari 5 persen, setelah memperhitungkan depresiasi renminbi terhadap dolar.

Penurunan pada bulan Januari telah mengacaukan ekspektasi bank-bank Wall Street termasuk JPMorgan dan Goldman Sachs bahwa pasar saham Tiongkok siap untuk pulih pada tahun 2024.

"Investor internasional baru saja menyerah
setelah pidato Perdana Menteri Li Qiang di Davos pada hari Selasa tidak memberikan petunjuk mengenai langkah-langkah baru pemerintah untuk meningkatkan perekonomian atau pasar keuangan," kata kepala perdagangan di salah satu bank investasi di Hong Kong.

Dia menambahkan bahwa investor institusi telah dengan hati-hati membeli beberapa saham teknologi besar Tiongkok seperti Tencent dan Alibaba selama beberapa hari pertama tahun ini. "Namun dalam tiga atau empat sesi mereka sudah berada di bawah air, jadi mereka memutuskan untuk membuangnya dan diikuti investor ritel," ujarnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Selocahyo Basoeki Utomo S
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top