Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

ADB: Integrasi Ekonomi di Asia Pasifik Mendekati Uni Eropa

Foto : ANTARA/Xinhua/Xing Guangli

Anggota staf Laos menampilkan pertunjukan di atas kereta No. D887, kereta penumpang lintas batas pertama dari Kunming di Provinsi Yunnan, Tiongkok barat daya, ke ibu kota Laos, Vientiane, beberapa waktu lalu.

A   A   A   Pengaturan Font

MANILA - Integrasi ekonomi di Asia Pasifik kini mendekati ekonomi di Uni Eropa (UE) dari segi rantai nilai kawasan dan integrasi sosial, menurut laporan yang dirilis Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) pada Senin (26/2).

Seperti dikutip dari Antara, berdasarkan Indeks Kerja Sama dan Integrasi Regional Asia Pasifik (Asia-Pacific Regional Cooperation and Integration Index), kawasan ini menunjukkan integrasi yang sebanding dengan UE dalam hal rantai nilai regional, serta integrasi masyarakat dan sosial, berdasarkan Asian Economic Integration Report 2024.

"Kemajuan paling signifikan terlihat pada dimensi teknologi dan konektivitas digital di Asia dan Pasifik, didorong oleh penerapan kebijakan transformasi digital oleh banyak perekonomian, yang lajunya meningkat selama pandemi virus korona (Covid-19)," ungkap laporan tersebut.

Menurut laporan ADB tersebut, integrasi regional telah menjadi penahan yang sangat krusial bagi berbagai guncangan global dan telah membantu mengurangi dampak negatifnya.

Meskipun proteksionisme dan risiko fragmentasi global meningkatkan tantangan ekonomi, peningkatan kerja sama dan investasi untuk konektivitas dapat memperkuat ketahanan ekonomi dan memberikan manfaat bersama, menurut laporan ADB.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top