Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Stabilitas Internasional I Perubahan Cuaca Tingkatkan Risiko Penularan Penyakit

Vietnam Minta PBB Aktif Atasi Perubahan Iklim

Foto : ISTIMEWA

NGUYEN HOANG NGUYEN Penasihat Menteri dan Wakil Kepala Delegasi Tetap Vietnam untuk PBB - Dewan Keamanan PBB perlu dan dapat berbuat lebih banyak untuk memutus lingkaran setan perubahan iklim, kerawanan pangan, dan konflik.

A   A   A   Pengaturan Font

Kekacauan iklim dan krisis pangan merupakan ancaman serius dan semakin meningkat terhadap perdamaian dan keamanan global.

NEW YORK - Penasihat Menteri dan Wakil Kepala Delegasi Tetap Vietnam untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Nguyen Hoang Nguyen meminta agar Dewan Keamanan PBB lebih aktif dan memperbanyak upaya untuk mengatasi dampak perubahan iklim dan kerawanan pangan.

Ketika berbicara di depan sesi perdebatan terbuka tersebut, Nguyen menilai bahwa perubahan iklim merupakan tantangan multidimensi, berpengaruh terhadap pangan, lingkungan, ekonomi, dan sosial, serta faktor yang meningkatkan risiko terhadap perdamaian dan keamanan di tingkat global.

Seperti dikutip dari Antara, Nguyen menekankan bahwa kemiskinan adalah akar dan konsekuensi dari konflik, sedangkan perubahan iklim adalah sebuah faktor yang memperburuk kerawanan pangan dan meningkatkan ancaman terhadap perdamaian dan stabilitas internasional.

"Dewan Keamanan PBB perlu dan dapat berbuat lebih banyak untuk memutus lingkaran setan perubahan iklim, kerawanan pangan, dan konflik," kata Nguyen, di New York, Kamis (15/2).

Nguyen meminta agar Dewan Keamanan PBB meningkatkan perannya dalam mencegah konflik, mengambil pendekatan yang lebih komprehensif dan seimbang antara ancaman keamanan tradisional dan nontradisional.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : andes
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top