Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Tiongkok Dominasi Penjualan Global Mobil Energi Baru

Foto : Xinhua/Zhang Nan

Pengunjung menyaksikan mobil energi baru yang ditampilkan FAW Hongqi pada Pameran China-Northeast Asia ke-14 di Changchun, Provinsi Jilin, Tiongkok timur laut, pada 23 Agustus 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING - Penjualan mobil penumpang energi baru di Tiongkok menyumbang hampir dua pertiga dari total penjualan dunia pada tahun lalu, tunjuk data industri.

Sekitar 8,87 juta unit kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) terjual di pasar Tiongkok pada 2023, naik 37 persen dari tahun lalu dan menyumbang 63,5 persen dari penjualan global, kata Cui Dongshu, Sekretaris Jenderal Asosiasi Mobil Penumpang Tiongkok.

Tingkat penetrasi NEV di Tiongkok, atau proporsi NEV dalam seluruh penjualan mobil, meningkat hingga hampir 30 persen pada 2023.

Pasar NEV menunjukkan ekspansi yang kuat di Tiongkok selama beberapa tahun terakhir berkat percepatan pembangunan hijau dan pertumbuhan pesat pasar otomotif di negara itu.

Pada 2023, mobil penumpang listrik menyumbang 69 persen dari penjualan di Tiongkok, sementara mobil plug-in hybrid menyumbang 31 persen.

Mengingat NEV Tiongkok juga populer di pasar Asia Tenggara dan Eropa, pertumbuhan penjualan yang kuat terlihat di pasar domestik maupun luar negeri, papar Cui.

Data sebelumnya menunjukkan ekspor NEV Tiongkok pada 2023 melonjak 77,6 persen secara tahunan (year on year/yoy) ke angka 1,2 juta unit.


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top