Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Sejumlah Negara Janji Tingkatkan Energi Bersih di COP28

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Berbagai pemerintah dari sejumlah negara meluncurkan inisiatif baru untuk meningkatkan energi bersih dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil pada konferensi iklim PBB di Dubai, di mana berbagai negara sedang bergulat dengan cara menghentikan peningkatan emisi yang menyebabkan pemanasan bumi tanpa henti.

Dalam salah satu inisiatif yang paling banyak didukung, 118 pemerintah berjanji untuk melipatgandakan kapasitas energi terbarukan dunia pada tahun 2030 pada pertemuan iklim COP28 PBB pada hari Sabtu, sebagai cara untuk mengurangi porsi bahan bakar fosil dalam produksi energi dunia.

Janji tersebut merupakan salah satu dari sejumlah pengumuman COP28 yang bertujuan untuk mendekarbonisasi sektor energi, sumber sekitar tiga perempat emisi gas rumah kaca global yang mencakup pengembangan tenaga nuklir, pengurangan emisi metana, dan penghentian pendanaan swasta untuk tenaga batu bara.

"Hal ini dapat dan akan membantu transisi dunia dari batu bara yang tidak berkelanjutan," kata Sultan al-Jaber, Presiden KTT COP28 dari Uni Emirat Arab, dikutip dari Reuters, Minggu (3/12).

Dipimpin oleh Uni Eropa, Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab, ikrar ini juga mengatakan bahwa peningkatan tiga kali lipat energi terbarukan akan membantu menghilangkan bahan bakar fosil yang menghasilkan emisi CO2 dari sistem energi dunia paling lambat tahun 2050. Para pendukung termasuk Brasil, Nigeria, Australia, Jepang, Kanada, Chili dan Barbados.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top