Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kendaraan Listrik | Hingga Awal Kuartal IV-2023, Penjualan Domestik Mobil Listrik Capai 11.916 Unit

RI Bersiap Jadi Produsen EV Global

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mendorong RI sebagai hub produksi kendaraan listrik di dunia dengan mengoptimalkan kekayaan SDA dan memberikan insentif fiskal, termasuk keringanan pajak.

JAKARTA - Indonesia siap menjadi produsen electric vehicle atau kendaraan listrik di pasar global. Pasalnya, Indonesia berada pada posisi strategis untuk membangun rantai pasokan EV global yang tangguh, seiring dengan tren global dekarbonisasi industri transportasi untuk memenuhi komitmen netralitas karbon atau net zero emission (NZE).

"Pengembangan industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Indonesia saat ini mendapatkan momentum baik karena didukung kondisi Indonesia yang merupakan produsen bahan mineral logam nikel terbesar di dunia," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam acara Seremoni Produksi Perdana Omoda 5 Electric Vehicle (EV) di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (3/12).

Sebagai upaya percepatan produksi EV di Indonesia, Menko Airlangga mengapresiasi komitmen PT Chery Motor Indonesia dan PT Handal Indonesia Motor yang akan merealisasikan produksi EV di Indonesia. "Kontribusi tersebut akan turut bermanfaat dalam pengembangan industri otomotif yang bertransformasi menuju era elektrifikasi dan ekosistem ramah lingkungan," katanya.

Airlangga juga menyampaikan harapannya bahwa dengan dengan dimulainya produksi perdana mobil Omoda 5 EV ini akan dapat mendiversifikasi jenis mobil listrik di Indonesia dan memberikan alternatif pilihan yang lebih banyak bagi konsumen.

Menurut dia, pengembangan kendaraan listrik di Indonesia akan semakin masif ke depan seiring mengalirnya investasi dari pabrikan kendaraan listrik. Hingga awal Kuartal IV-2023, penjualan domestik mobil listrik tercatat mencapai 11.916 unit.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Muchamad Ismail, Antara

Komentar

Komentar
()

Top