Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

PLTS 4,4 MW Gantikan TPA di Kroasia Utara

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Kroasia menjadi salah satu negara di dunia yang menggencarkan energi baru dan terbarukan (EBT). Terbaru, pemegang konsesi telah menyelesaikan fasilitas fotovoltaik 4,4 MW di lokasi bekas tempat pembuangan sampah di Gornji Kneginec di ujung utara Kroasia.

Dilansir dari Balkan Green Energy News, Pemerintah kota di Kroasia, termasuk ibu kota Zagreb, sedang meningkatkan upaya transisi energi. Di antara segmen lainnya, mereka mengenali potensi tempat pembuangan sampah dan berbagai jenis limbah.

Proyek dan investasi menumpuk, namun Kotamadya Gornji Kneginec di daerah Varaždin adalah contoh yang langka, bahkan di seluruh Eropa Tenggara, di mana pembangunan pembangkit listrik tenaga surya di bekas tempat pembuangan akhir sampah kota telah selesai.

Para ilmuwan, aktivis, dan petani di seluruh Eropa dan sekitarnya semakin sering memperingatkan bahwa lahan pertanian dan kawasan lindung tidak cocok untuk pembangkit listrik tenaga surya. Mereka menunjuk pada potensi yang sangat besar dari atap dan permukaan yang terdegradasi dan tercemar.

Gornji Kneginec, yang terletak di ujung utara Kroasia, menandatangani perjanjian pada tahun 2021 dengan Prokon dari Varaždin, yang memberikan lampu hijau kepada perusahaan tersebut untuk membangun, menggunakan, dan memelihara pembangkit listrik tenaga surya (PV) berkapasitas 4,4 MW. Pembangkit listrik ini terletak di bagian selatan bekas tempat pembuangan sampah. Lahan tersebut telah diremediasi.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top