Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pemkab Lampung Timur Siap Antisipasi Kelangkaan Sembako Jelang Ramadhan

Foto : Dok. Pemkab Lampung Timur
A   A   A   Pengaturan Font

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Timur, Moch Jusuf mewakili Bupati Lampung Timur membuka High Level Meeting dan Capacity Building TPID di Aula Utama Sekdakab Lampung Timur, Selasa (27/2). Pertemuan tingkat tinggi itu digelar sebagai langkah strategis menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Ramadhan, Idul Fitri 1445 H.

Jusuf menerangkan, berdasarkan hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Inflasi Kemendagri RI beberapa waktu lalu, diketahui bahwa di beberapa wilayah Indonesia terjadi kekurangan pasokan beras premium utama di pasar modern. Sehingga, diperlukan persiapan secara bersama-sama upaya untuk menentukan langkah-langkah antisipasi guna menjaga kelancaran distribusi, stabilitas harga dan ketersediaan pasokan di masyarakat.

"Hal ini perlu kita perhatikan agar tidak memicu masalah yang menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga di tengah meningkatnya permintaan menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H," kata Jusuf, dikutip dari laman resmi Pemkab Lampung Timur, Kamis (29/2).

Ia menambahkan, beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kesiapan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2024 di antaranya, ketersediaan bahan pokok, kewaspadaan cuaca, kesiapan sarana transportasi dan infrastruktur jalan, kesiapsiagaan posko kesehatan, serta aspek keamanan dari berbagai potensi ancaman.

Lebih lanjut, kata Jusuf, dalam rangka menekan angka laju inflasi daerah, dia meminta untuk fokus dalam penguatan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) guna menekan laju inflasi daerah. Menurutnya, penanganan inflasi yang harus diperhatikan dan dikoordinasikan yaitu kesesuaian antara kebijakan strategis kita dalam TPID dan faktor-faktor penyebab inflasi.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top