Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Menkes Akan Tingkatkan Kapasitas RSUD Wakai di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Foto : ANTARA/HO-Kemenkes

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin saat meninjau fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Sulawesi Tengah.

A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan akan meningkatkan kapasitas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wakai di Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

Hal tersebut diungkapkannya seusai meninjau langsung satu-satunya rumah sakit rujukan dari lima puskesmas di wilayah yang terletak di gugusan kepulauan yang terletak di Teluk Tomini tersebut.

"Nanti akan kita tingkatkan RSUD tipe D di sana agar bisa menangani pasien di kepulauan. Jadi mereka tidak perlu dibawa lima sampai enam jam menggunakan kapal. Mudah-mudahan dengan demikian layanan kesehatan untuk masyarakat Tojo Una-Una bisa lebih baik," kata Menkes Budi dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Kawasan itu hanya bisa ditempuh dengan menggunakan kapal laut dengan durasi 5-6 jam atau 1,5 jam menggunakan kapal cepat (speed boat) dari pusat Kabupaten Tojo Una-Una.

Dalam kunjungan ini, Menkes Budi meninjau fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah kepulauan, terutama yang berkaitan dengan kondisi fasilitas pelayanan kesehatan, akses layanan kesehatan, peralatan kesehatan, dan SDM kesehatan.

Ia mengungkapkan layanan kesehatan di RSUD masih cukup minim. Menurutnya, perlu ada penambahan dan peningkatan peralatan, terutama alat untuk penyakit-penyakit yang cukup berat dan membutuhkan penanganan cepat.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top