Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Mengandung Antioksidan, Ini Manfaat Konsumsi Kedelai untuk Kesehatan Kulit

Foto : antara

Tempe terbuat dari kedelai yang difermentasi.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Sebuah studi klinis yang diterbitkan di Nutrients tahun 2023 menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai dapat membuat kulit terasa lebih terhidrasi dan membantu mengurangi garis-garis halus.

Studi ini dilakukan pada wanita pascamenopause, bahwa peserta yang mengonsumsi 30 gram protein kedelai setiap hari selama enam bulan mengalami peningkatan hidrasi kulit dan penurunan kedalaman kerutan dan pigmentasi.

Ditulis laman Well and Good, Kamis (29/2), Mark Messina, PhD, MS , direktur ilmu dan penelitian nutrisi di Soy Nutrition Institute Global (SNI Global), mengatakan pada penelitian dan uji klinis sebelumnya menunjukkan bahwa isoflavon kedelai mungkin memiliki efek menguntungkan pada kesehatan kulit, namun hanya sedikit profesional kesehatan yang menyadari manfaat ini.

"Studi tersebut menunjukkan bahwa tingginya kandungan isoflavon dalam kedelai kemungkinan besar membuatnya sangat mendukung kulit," kata Messina.

Anda akan menemukan isoflavon di banyak makanan nabati, tetapi isoflavon terutama terkonsentrasi pada kedelai. Senyawa alami ini biasanya diklasifikasikan sebagai "estrogen tumbuhan" dan meskipun fungsinya berbeda, senyawa ini meniru efek estrogenik pada kulit.

Isoflavon mungkin memberikan efek antioksidan, yang dapat menghambat efek merusak dari radikal bebas pada kulit Anda, dan mereka membantu merangsang sintesis dan konsentrasi hal-hal seperti kolagen dan asam hialuronat yang sering ditemukan pada produk perawatan kulit.

"Kedelai dapat meningkatkan kadar asam hialuronat alami pada kulit, yang akan meningkatkan hidrasi kulit dan berkontribusi pada pengurangan munculnya garis-garis halus dan kerutan," katanya.

Messina merekomendasikan untuk mengonsumsi dua porsi sehari (seperti dua gelas susu kedelai atau secangkir tahu) untuk memastikan Anda mengonsumsi cukup isoflavon.

Cobalah semangkuk tempe yang mengenyangkan dengan saus miso lemon saat makan siang, smoothie pisang berry untuk camilan cepat dan lezat, nacho remah berbahan dasar kedelai untuk makan malam, atau kue keju tahu lemon untuk hidangan penutup.

Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top