Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

KTT Asean-Jepang, PM Fumio Kishida Berjanji Tingkatkan Investasi

Foto : Kyodo

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berpidato di depan para pemimpin ASEAN pada jamuan makan malam di Tokyo pada 16 Desember 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada Sabtu (16/12) berjanji akan bekerja sama dengan ASEAN untuk meningkatkan perekonomian masing-masing dengan meningkatkan investasi di blok yang berkembang pesat dan mempromosikan pertukaran masyarakat.

Saat jamuan makan malam dengan para pemimpin ASEAN jelang KTT khusus peringatan 50 tahun persahabatan dan kerja sama ASEAN-Jepang, Kishida juga mengumumkan peluncuran inisiatif baru untuk industri otomotif generasi mendatang.

Inisiatif tersebut bertujuan untuk memetakan strategi yang memungkinkan ASEAN terus menjadi pusat produksi dan ekspor mobil dunia, kata Kishida.

PM juga berjanji menjalankan program pertukaran masyarakat Jepang dan kawasan ASEAN ke depan.

"Dengan bersama-sama mengembangkan perekonomian, tatanan global yang bebas dan terbuka berdasarkan supremasi hukum akan lebih terkonsolidasi," kata Kishidasambil menyerukan ASEAN untuk "menciptakan perdamaian dan kemakmuran bersama di kawasan Indo-Pasifik."

Kerja sama substansial Jepang-ASEAN bermula sejak 1973 ketika keduanya mendirikan sebuah forum tentang karet sintetis yang dijadikan sebagai solusi atas sengketa perdagangan ekspor karet Jepang.

Menurut Kishida, Jepang juga akan mempercepat pertukaran pemimpin bisnis muda dengan ASEAN.

Pejabat Pemerintah Jepang mengatakan Kishida akan menjadi tuan rumah KTT khusus bersama Presiden Indonesia Joko Widodo dan usai pertemuan tersebut diharapkan ada "pernyataan visi bersama" beserta rencana implementasinya.


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top