Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Korut Luncurkan ICBM, Presiden Korsel Perintahkan Tanggapan Bersama dengan AS dan Jepang

Foto : Korea Times/Kantor Kepresidenan

Presiden Yoon Suk Yeol (keempat dari kiri) menghadiri pertemuan Dewan Keamanan Nasional pada 18 Desember 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

SEOUL - Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol pada Senin (18/12) memerintahkan tanggapan bersama dengan Amerika Serikat dan Jepang terhadap peluncuran rudal jarak jauh Korea Utara dengan menggunakan sistem berbagi informasi rudal negara-negara tersebut.

Menurut Yonhap, Yoon menyampaikan instruksi tersebut dalam pertemuan darurat Dewan Keamanan Nasional yang dipimpin oleh Penasihat Keamanan Nasional Cho Tae-yong.

"Dengan memanfaatkan sistem berbagi informasi real-time untuk rudal Korea Utara, kita harus secara proaktif mendorong respons bersama dari Korea Selatan, AS, dan Jepang," Yoon seperti dikutip oleh kantor kepresidenan.

Sistem real-time trilateral disepakati pada pertemuan puncak Camp David pada Agustus lalu, di mana Presiden Korsel Yoon Suk Yeol, Presiden AS Joe Biden, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berkomitmen untuk mengoperasikan sistem tersebut pada akhir tahun.

Yoon juga memerintahkan "tanggapan segera dan luar biasa" terhadap provokasi apa pun yang dilakukan Korea Utara terhadap wilayah dan rakyat Korea Selatan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Lili Lestari

Komentar

Komentar
()

Top