Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Peningkatan Cadangan Pangan

Kementan Koordinasi dengan Bulog untuk Serap Produksi Padi Petani

Foto : ANTARA/FAUZAN
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) mulai membenahi berbagai aspek yang dapat mendukung peningkatan produksi dan kesejahteraan petani termasuk berkoordinasi dengan Perum Bulog untuk bisa segera menyerap produksi padi petani.

"Satu persatu kita akan bereskan ya, kemudian Bulog juga. Bersama teman-teman di Bulog harus melakukan penyerapan dalam negeri. Tetapi kalau produksinya belum tinggi, Bulog jangan masuk dulu. Karena itu fokus kami adalah menyiapkan cadangan pangan pemerintah (CPP)," kata Pelaksana Tugas Menteri Pertanian, Arief Prasetyo Adi, dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (9/10).

Seperti dikutip dari Antara, Arief mengatakan sektor pertanian selama ini merupakan sektor strategis yang memiliki potensi besar pada peningkatan daya saing baik melalui hilirisasi maupun jumlah produksi.

Namun, saat ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat produksi dalam negeri, di antaranya cuaca ekstrem El Nino yang berlangsung lama serta ancaman hama yang harus dikendalikan.

"Saya sampaikan kalau ada produksi di salah satu daerah rendah itu bukan hanya kegagalan satu institusi saja, tetapi juga bisa karena climate change, bisa karena air, bisa karena hama dan gangguan lainnya," ujar Arief.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Eko S

Komentar

Komentar
()

Top