Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Hari Diplomat, Wujud Pengakuan Masyarakat Atas Profesi Diplomat dalam Kehidupan Modern Rusia

Foto : Istimewa

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva.

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Setiap tahun tanggal 10 Februari, Rusia merayakan Hari Diplomat. Hari besar profesional ini ditetapkan pada tahun 2002 sesuai dengan Peraturan Presiden Rusia. Hal ini menunjukkan pentingnya diplomasi dan pengakuan masyarakat atas profesi diplomat dalam kehidupan modern Rusia.

"Tanggal 10 Februari dipilih karena pada hari itu tahun 1549 dibentuk lembaga urusan luar negeri pertama bernama Departamen Para Duta Besar, Posolsky Prikaz," kata Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva dalam keterangan tertulisnya yang diterima Koran Jakarta, Jumat (9/2).

Vorobieva menjelaskan Menteri Luar Negeri Rusia mengadakan pertemuan dengan jajaran Kemlu untuk memberikan penghargaan kepada para diplomat yang mencapai prestasi besar dan para veteran dinas diplomatik. Selain itu, juga diselenggarakan acara penempatan karangan bunga pada tempat pemakaman diplomat. Di Kedutaan-Kedutaan Besar Rusia di negara-negara asing dilaksanakan acara protokoler.

Dalam kegiatannya, tambah Vorobieva, Kementerian Luar Negeri Rusia mengikuti Konsep Kebijakan Luar Negeri Rusia baru yang diteken oleh Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin pada 31 Maret, 2023.

Dikatakan, sesuai dengan dokumen ini diplomasi Rusia menjalankan tugas-tugas mendasar, yaitu: membangun sistem internasional multipolar, memastikan kondisi untuk pembangunan umat manusia yang damai dan progresif berdasarkan agenda pemersatu dan konstruktif, menghapuskan sistem penjajahan dunia, memperkuat potensi BRICS, Organisasi Kerja Sama Shanghai, dan Uni Ekonomi Eurasia.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Marcellus Widiarto

Komentar

Komentar
()

Top