Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pemanasan Global

Gunung Es Terbesar di Dunia Bergerak untuk Pertama Kali Setelah 30 Tahun

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

LONDON -Para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa A23a, gunung es terbesar di dunia yang yang terletak di sekitar garis pantai Antartika pada tahun 1986, kini telah bergeser ke Laut Weddell dan menjadi pulau es.

Dikutip dari British Broadcasting Corporation (BBC), dengan luas hampir 4.000 kilometer persegi (1.500 mil persegi), gunung ini lebih dari dua kali lipat luas London Raya.

Setahun terakhir ini telah terlihat gunung itu bergerak dengan sangat cepat, dan akan melampaui perairan Antartika.

Ukuran A23a benar-benar besar, dan bukan hanya lebarnya saja yang mengesankan. Bongkahan es ini tebalnya sekitar 400 meter (1.312 kaki). Sebagai perbandingan, London Shard, gedung pencakar langit tertinggi di Eropa, hanya setinggi 310 meter.

A23a adalah bagian dari pecahnya gunung es secara massal di Lapisan Es Filchner di Benua Putih. Pada saat itu, pulau ini menjadi tuan rumah bagi stasiun penelitian Uni Soviet, yang menggambarkan berapa lama waktu yang lalu kelahirannya terjadi.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top