Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kerja Sama Pertahanan

Filipina-Australia Luncurkan Patroli Bersama

Foto : AFP/FREDERIC J BROWN

Ferdinand Marcos Jr (Presiden Filipina)

A   A   A   Pengaturan Font

Australia dan Filipina pada Sabtu (25/11) mengumumkan dimulainya patroli udara dan laut bersama di wilayah Asia tenggara, saat kedua negara berupaya memperdalam kerja sama pertahanan untuk melawan ketegasan Tiongkok di wilayah tersebut.

MANILA - Australia dan Filipina pada Sabtu (25/11) mengumumkan dimulainya patroli udara dan laut bersama di wilayah Asia tenggara, saat kedua negara berupaya memperdalam kerja sama pertahanan untuk melawan ketegasan Tiongkok di wilayah tersebut.

Kegiatan kerja sama maritim ini terjadi beberapa hari setelah Amerika Serikat (AS) mengadakan latihan serupa dengan Filipina di Laut Tiongkok Selatan (LTS), yang hampir seluruhnya diklaim oleh Beijing.

Dalam pernyataan bersama, kepala pertahanan Australia dan Filipina mengatakan patroli tiga hari tersebut menunjukkan komitmen bersama untuk melaksanakan kebebasan bernavigasi dan penerbangan sesuai dengan hukum internasional.

Filipina akan mengerahkan dua kapal angkatan laut dan lima pesawat pengintai untuk bergabung dengan kapal perang HMAS Toowoomba milik Australia dan sebuah pesawat pengintai maritim P-8A.

"Patroli maritim akan diadakan di dalam zona ekonomi eksklusif Filipina," kata juru bicara pertahanan Filipina, Arsenio Andolong.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top