Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Banyak Sekali, BMKG Catat 130 Kali Gempa di Maluku Selama Agustus 2023

Foto : ANTARA/ Ho- BMKG

Infografis Gempa Bumi wilayah Maluku Bulan Agustus 2023.

A   A   A   Pengaturan Font

Ambon - Banyak sekali, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika kelas 1 Ambon mencatat sebanyak 130 kejadian gempa bumi di wilayah Maluku dan sekitarnya selama Agustus 2023.

Seismisitas di wilayah Maluku dan sekitarnya selama periode Agustus 2023 berjumlah 130 kejadian gempa bumi yang didominasi oleh gempa bumi dangkal (<60 km) dengan magnitudo <5 yang terjadi di bagian Utara pulau Seram, Kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas 1 Ambon, Djati Cipto Kuncoro di Ambon, Jumat.

Sedangkan gempa bumi dengan kedalaman menengah (60- 300 km) terjadi di Laut Banda Bagian Selatan.

Dari 130 kejadian gempa bumi terjadi empat kali kejadian gempa bumi dirasakan dengan skala II- III MMI.

130 kejadian gempa bumi yang terjadi didominasi gempa dangkal (M<3) sebanyak 28 kali, menengah (3BMKG menekankan pentingnya peningkatan pemahaman warga dan pemangku kepentingan mengenai upaya mitigasi untuk meminimalkan dampak gempa di wilayah tersebut.

Selain itu mengimbau jika terjadi gempa bumi, masyarakat diminta untuk tenang, waspada serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Masyarakat juga diimbau untuk menghindari bangunan retak atau rusak akibat gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah," ujarnya.

Jika terjadi gempa bumi, masyarakat agar tetap tenang, waspada, dan mengikuti arahan (Badan Penanggulangan Bencana Daerah/BPBD) setempat, serta informasi dari BMKG.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top