Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kerja Sama Multilateral

118 Negara Janji Tingkatkan Kapasitas Energi Terbarukan

Foto : LUDOVIC MARIN/AFP

Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo

A   A   A   Pengaturan Font

DUBAI - Sebanyak 118 negara menyatakan komitmen untuk meningkatkan kapasitas energi terbarukan hingga tiga kali lipat pada 2030, selama konferensi para pihak dalam kerangka kerja sama PBB untuk perubahan iklim (COP-28) di Dubai, UAE, pada Sabtu (2/12).

Sebagai bagian dari inisiatif yang diumumkan pada COP-28, inisiatif Percepatan Global untuk Dekarbonisasi yang diluncurkan itu juga memuat komitmen ratusan negara tersebut dalam melipatgandakan upaya efisiensi energi.

Seperti dikutip dari Antara, Minggu (3/12), negara-negara yang menandatangani komitmen tersebut, antara lain UAE, AS, Brasil, Jepang, Inggris, Meksiko, Polandia, Jerman, Australia, Kanada, Denmark, Prancis, Kenya, Belanda, Nigeria, dan Spanyol. Sementara Turki, Tiongkok, India, dan Afrika Selatan belum menandatangani inisiatif itu.

Meningkatkan kapasitas energi terbarukan global sebanyak tiga kali lipat berarti meningkatkannya dari 3,4 terawatt pada 2022 menjadi 11 terawatt pada 2030.

Kedua target tersebut merupakan salah satu dari lima langkah utama yang diumumkan oleh Badan Energi Internasional untuk menyukseskan COP-28. Selain itu, dalam inisiatif tersebut, sebanyak 50 perusahaan yang mewakili lebih dari 40 persen produksi minyak global menandatangani Perjanjian Dekarbonisasi Minyak dan Gas (OGDC).
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top