Pangkas Regulasi yang Rumit dan Hambat Kreativitas | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 28 2021
No Comments
HUT Ke-49 Korpri

Pangkas Regulasi yang Rumit dan Hambat Kreativitas

Pangkas Regulasi yang Rumit dan Hambat Kreativitas

Foto : BIRO PERS SETPRES
BERIKAN SAMBUTAN I Presiden Joko Widodo dalam sambutannya secara virtual pada Peringatan HUT ke-49 KORPRI, Minggu (29/11).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) mendukung upaya peme­rintah mempercepat reformasi birokrasi dan reformasi struktural sebagai syarat agar negara bisa maju. Di masa pandemi Covid-19 menjadi momentum yang tepat untuk melakukan perubahan fundamental dari cara-cara biasa menjadi cara-cara luar biasa.

Demikian dikemukakan Presiden Jokowi dalam sam­butan virtualnya pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke-49 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) seperti dikutip dari laman Sekretariat Presiden di Jakarta, Minggu (29/11).

Menurut Kepala Negara, para birokrat harus terbiasa me­manfaatkan teknologi. Era pandemi sekarang ini adalah mo­mentum sebagian besar birokrat harus bekerja dari rumah, mempercepat transformasi digital, serta menjadikan aparat birokrasi lebih adaptif dan lebih terampil memanfaatkan teknologi dengan mengedepankan inovasi dan kreativitas.

“Reformasi struktural sudah tidak bisa ditunda-tunda lagi. Regulasi yang rumit dan menghambat kreativitas kerja harus dipangkas dan disederhanakan. Kelembagaan pe­merintahan yang gemuk, tumpang tindih, dan tidak efisien harus segera diintegrasikan,” tegas Jokowi.

Jenjang eselon yang panjang harus dapat dipangkas un­tuk mempercepat pengambilan keputusan. Demikian juga standar operasional prosedur (SOP) yang panjang dan kaku harus dapat diringkas dan lebih fleksibel serta berorientasi pada hasil. Konsekuensinya, kompetensi sumber daya ma­nusia (SDM) aparatur sipil negara harus menyesuaikan.

Simpul Pemersatu

Dalam kesempatan itu, Presiden juga menekankan agar ASN harus menjalankan tugas kebangsaan. Keberadaan mereka di seluruh wilayah Indonesia sampai ke pelosok perbatasan negara dan pelosok desa merupakan simpul pemersatu bangsa yang selalu mengamankan dan men­gamalkan nilai-nilai Pancasila, setia menjaga dan tunduk pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, terus menjaga nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, serta menjaga nilai-nilai toleransi dan kerukunan.

“Keberadaan ASN di seluruh wilayah Indonesia juga harus bekerja untuk memotori pembangunan di seluruh pelosok Indonesia, menyampaikan prioritas program pem­bangunan nasional kepada masyarakat, aktif dalam pendi­dikan masyarakat, memberikan teladan dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadi motor pembangunan dan perubahan, terutama untuk masyarakat di daerah-daerah pinggiran dan terpencil,” kata Kepala Negara.

Oleh sebab itu, Jokowi mengajak seluruh anggota Korpri untuk menjadi bagian penting dari proses perubahan be­sar-besaran yang sedang pemerintah jalankan dan mem­berikan warisan berharga dalam sejarah perjalanan bangsa untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Maju.

n ola/ers/E-9

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment