KJRI Tangani Penemuan Jasad WNI dalam Koper di Mekkah | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 28 2021
No Comments
Pekerja Migran Indonesia

KJRI Tangani Penemuan Jasad WNI dalam Koper di Mekkah

KJRI Tangani Penemuan Jasad WNI dalam Koper di Mekkah

Foto : Dok Kemlu RI
Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Indonesia, Judha Nugraha
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri dan KJRI Jeddah telah menangani  penemuan jasad warga negara (WNI) di dalam  koper di wilayah Mina, Mekkah, Arab Saudi. Berdasarkan informasi yang diperoleh KJRI dari Kepolisian Wilayah Mina, jasad itu adalah seorang perempuan pekerja migran asal Indonesia dengan inisial A berusia 23 tahun asal Tangerang, Banten.

“Selanjutnya diperoleh informasi bahwa pihak kepolisian telah melakukan penangkapan terhadap dua WNI yang diduga terlibat dalam penempatan jasad dalam koper tersebut,” kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Indonesia, Judha Nugraha, ketika dikonfirmasi tentang kasus ini melalui pesan singkat pada Senin (30/11).

Judha menjelaskan bahwa hasil visum menunjukkan tidak terdapat tanda-tanda kekerasan pada jasad A. Namun, untuk memastikan penyebab kematiannya, akan dilakukan otopsi.

“Langkah-langkah tindak lanjut segera dilakukan Kemlu dan KJRI Jeddah antara lain menghubungi keluarga almarhumah A dan melakukan pendampingan hukum terhadap dua WNI yang ditangkap,” kata Judha.

Berdasarkan info dari Judha menyatakan bahwa A pernah bekerja pada seseorang, namun kemudian kabur dari majikannya. Setelah kabur, A pun tinggal di Arab Saudi dirawat dua orang WNI.

Belum ada keterangan lengkap terkait jati diri dua WNI yang ditangkap terkait kasus penemuan jasad WNI dalam koper ini, namun kemudian muncul informasi bahwa dua WNI itu adalah seorang pria asal Lebak dan perempuan asal Serang, Banten

KJRI Jeddah telah menyediakan jasa penerjemah selama kedua WNI tersebut menjalani pemeriksaan dari otoritas setempat. KJRI juga akan membantu pemulasaraan jenazah A sesuai permintaan keluarga.

Kabar terakhir mengenai penemuan jasad ini datang dari pihak KJRI Jeddah yang mengatakan bahwa A meninggal dunia setelah menderita sakit selama beberapa bulan. Setelah A meninggal dunia, dua WNI yang merawatnya kebingungan untuk mengurus jenazah dan memakamkannya. Hingga akhirnya kedua WNI itu memasukan jasad A ke dalam koper dan menaruhnya di pinggir jalan.

 

Kronologi Temuan

Penemuan jasad perempuan WNI dalam sebuah koper ini dilaporkan oleh media lokal pada Minggu (29/11).

Harian Gulf News melaporkan bahwa koper berisi jasad itu ditemukan tak jauh dari sebuah jalan lingkar ke-4 oleh seorang warga yang kemudian melaporkan penemuan koper besar berisi jasad itu pada pihak berwenang setempat pada Jumat (27/11) malam.

Hasil investigasi awal kemudian mengungkapkan bahwa jasad perempuan itu adalah warga negara Indonesia berusia 24 tahun yang adalah seorang petugas kebersihan dan pihak sponsor dari WNI itu telah melaporkan bahwa korban sudah tak masuk kerja selama beberapa hari. SB/Ant/I-1

 

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment