Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Sumber Energi

PLTS Tahap I Berkapasitas 10 MW di IKN Beroperasi Akhir Februari 2024

Foto : ANTARA/RIVAN AWAL LINGGA

Pekerja menyelesaikan pembangunan PLTS untuk IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (15/2).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap I dipastikan telah siap beroperasi akhir Februari 2024. PLTS IKN tahap I tersebut berkapasitas 10 megawatt (MW), dari total total keseluruhan kapasitas PLTS yang nantinya mencapai 50 MW.

"Yang pertama 10 megawatt. Seperti yang kita lihat, ini 10 megawatt, dan ini sudah siap operasi, dan nanti untuk yang tahap keduanya adalah 40 megawatt. Yang 10 megawatt ini kita kerjakan secara internal di perusahaan Nusantara Power Group," kata Direktur Utama PT PLN Nusantara Renewables, Harjono, di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis (16/1).

Berdasarkan pantauan Antara, semua bagian dari platform PLTS telah terpasang dan siap digunakan. Mulai dari panel surya, inverter, ke trafo, hingga powerhouse control building sudah rampung dibangun. PLTS tersebut juga dilengkapi gardu induk berkapasitas 50 MW beserta kabel transmisinya.

"Bahkan, nanti kita juga akan melihat di sana ada untuk yang gardu induk berkapasitas 50 MW juga sudah siap untuk kita teruskan pelaksanaannya. Sudah siap semua, tapi yang paling utama 10 MW sudah siap untuk men-deliver listrik," ujarnya.

PLTS IKN nantinya ditargetkan berkapasitas 50 MW untuk dapat memasok listrik Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 2024. Proyek PLTS ditempatkan di lahan seluas 80 hektare (ha). Lahan tersebut, kata Harjono, merupakan lahan milik Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Vitto Budi
Penulis : Antara, Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top