Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Lumbung Pangan

Pemerintah Siapkan KUR Alsintan Antisipasi El Nino

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah akan menyiapkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada petani sebesar 5 miliar rupiah untuk mengantisipasi dampak El Nino. Penyaluran KUR Alsintan nantinya dapat difokuskan ke sejumlah wilayah yang termasuk sebagai lumbung beras nasional, di antaranya Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumatera Selatan.

"KUR Alsintan bagi kelompok pertanian sudah kita siapkan, apalagi Presiden tadi memberikan tanggapan menghadapi El Nino yang panjang. Sehingga Pak Gubernur, kita siapkan sampai Rp5 miliar untuk petani," kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Penganugerahan KUR Award di Jakarta, Rabu (9/8).

Adapun El Nino merupakan fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya, yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. El Nino meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah, dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia, sehingga El Nino dapat memicu terjadinya kondisi kekeringan untuk wilayah Indonesia secara umum.

Sebelumnya Menko Airlangga juga mengungkapkan bahwa sebagai langkah mitigasi dampak dari El Nino, pemerintah telah menargetkan persediaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di atas 2,2 juta ton hingga akhir 2023.

"Kita menghendaki agar stok beras menjelang akhir tahun itu bisa di angka di atas 2,2 juta. Jadi ini yang kemarin sudah dirapatkan di rapat terbatas dengan Bapak Presiden, dan arahan kepada Bulognya sudah jelas, sehingga ini harus dijaga sehingga ketersediaan pangan sampai akhir tahun diamankan," ujar Menko Airlangga.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top