Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Pelestarian Budaya, KBRI Roma Dukung Kreativitas Karya Seni Batik

Foto : ANTARA/HO-KBRI Roma

Kuasa Usaha ad Interim (KUAI) KBRI Roma, Lefianna H. Ferdinandus menghadiri pameran batik bertajuk 'Mostra Collectiva Batik – Arte Millenaria Ispirazioni Comtemporanee' di Sala delle Quattro Colonne, Soriano nel Cimino (VT), Italia pada 2-17 September.

A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Pelestarian budaya, Kuasa Usaha ad Interim (KUAI) KBRI Roma, Lefianna H. Ferdinandus menghadiri upacara pembukaan pameran batik karya seniman Italia untuk mendukung kreativitasfriends of Indonesiadinegara tersebut.

Sembilan seniman Italia dari kelompok pecinta batik menyelenggarakan Pameran Batik bertajuk 'Mostra Collectiva Batik - Arte Millenaria Ispirazioni Comtemporanee' di Sala delle Quattro Colonne, Soriano nel Cimino (VT), Italia pada 2-17 September.

Dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, Lefianna mengatakan bahwa kegiatan seperti ini memberikan wawasan menarik tentang wujud nyata keanekaragaman budaya di Indonesia.

Dia juga mengapresiasi para seniman Italia yang telah mempelajari teknik pembuatan batik sekaligus ikut mempromosikannya. Hal tersebut, lanjut Lefianna, sebagai refleksi dari hubungan yang baik antara Indonesia dan Italia yang akan memperingati 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara tahun depan.

Sementara itu, Wali kota Soriano Del Cimino (VT) yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi kepada KBRI Roma atas dukungannya terhadap pameran batik tersebut karena penting untuk mengenal budaya mancanegara dan mendorong sektor pariwisata".

Pameran batik yang menampilkan hasil karya seni kontemporer lewat media seperti sutra, wol, dan polyester, dibuat dengan menggunakan teknik membatik ala Indonesia, yakni menggambar motif dengan menggunakan canting dan lilin.

Teknik tersebut menghasilkan motif dan corak yang serupa dengan motif tradisional Indonesia dan mayoritas karya yang dihasilkan berupa hiasan pajangan dinding.

Kesembilan seniman Italia tersebut adalah Concetta Cappelletti, Annalisa Fusilli, Gina Insardi, Andrea Mandroni, Dina Moscato, Fabian Orsi, Paola Palmano, Carla Siracusano dan Susanna Tommasi. Mereka berasal dari berbagai kawasan di Italia, seperti Roma, Treviso, Pistoia, Messina dan juga Canosa.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top