Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Mowilex Selesaikan Penanaman 50 Ribu Bibit Bakau untuk Perkuat Pencapaian Netralitas Karbon

Foto : istimewa

bakau

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Produsen catPT Mowilex Indonesia(Mowilex), melakukan penanaman25.000 pohon bakau di Desa Sungai Kupah, Kalimantan Barat. Proyek yang selesai pada bulan Oktober ini merupakan dukungan terhadap Rudi Hartono seorang pelopor lingkungan setempat, dan merupakan bagian dari komitmen keberlanjutan Mowilex untuk menanam 50.000 pohon.

Rudi Hartonotelah mengubah perilaku masyarakat desa tersebut yang awalnya melakukan penebangan menjadi penjaga lingkungan mangrove. Di desanya mengedukasi secara terus menerus dan hasil ekonomi dari menjaga dan menanam mangrove semenjak 2017.

Atas usahanya tersebut, ia memenangkan Penghargaan Kalpataru 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sebuah penghargaan yang diberikan kepada individu yang memimpin proyek-proyek lingkungan yang sedang berlangsung di masyarakat.

Para peneliti memperkirakan bahwa setidaknya 35 persen hutan bakau di dunia telah hilang antara tahun 1980 dan 2000, termasuk di sepanjang Sungai Kapa di Kalimantan Barat. Beberapa pohon ditebang untuk dijadikan tambak udang. Sebagian lagi ditebang untuk bahan bangunan atau briket arang.

Bakau dikenal mampu menyimpan karbon dalam jumlah besar dan menyediakan pertahanan alami terhadap banjir, topan dan erosi pantai. Mangrove juga secara alami menyaring nitrat dan fosfat. Dengan adanya deforestasi telah menyebabkan banjir air laut di Desa Sungai Kupah.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top