Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Energi Terbarukan

Ladang Tenaga Surya Terbesar di Dunia Mulai Beroperasi di UEA

Foto : KARIM SAHIB/AFP

Ladang Tenaga Surya Al Dhafra, di Uni Emirat Arab.

A   A   A   Pengaturan Font

ABU DHABI - Uni Emirat Arab (UEA) baru-baru ini telah mengoperasikan Ladang Tenaga Surya Al Dhafra yang terletak 22 mil di luar Abu Dhabi, menjadi instalasi tenaga surya satu lokasi terbesar di planet ini.

Dikutip dari News Readcek, dengan menghasilkan lebih dari dua gigawatt listrik ramah lingkungan yang berasal dari matahari, instalasi tenaga surya yang besar ini diharapkan mampu memberikan listrik kepada hampir 200.000 rumah tangga, sekaligus menghilangkan 2,4 juta ton emisi karbon setiap tahunnya.

UEA dalam sebuah pernyataan menyatakan proyek ini menciptakan lebih dari 4.500 pekerjaan selama masa puncak instalasi dan pembangunan. Pembangkit listrik tenaga surya mulai beroperasi tepat sebelum dimulainya COP-28, Konferensi Perubahan Iklim PBB, yang juga berlangsung di Uni Emirat Arab.

Meskipun beberapa orang mengeluh bahwa negara kaya minyak seperti UEA masih sangat bergantung pada bahan bakar fosil, sangatlah mengesankan melihat investasi energi terbarukan sebesar Al Dhafra.

Terus Berkembang
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top