Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Jepang Luncurkan Satelit Intelijen untuk Awasi Korea Utara

Foto : AP/Kyodo

Peluncuran Roket H2A di Tanegashima Space Center di Kagoshima, Jepang selatan pada Jumat, 12 Januari 2024. Jepang pada meluncurkan roket yang membawa satelit pengumpul intelijen pemerintah untuk mengawasi pergerakan di lokasi militer di Utara Korea dan meningkatkan tanggap bencana alam.

A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO - Jepang meluncurkan roket yang membawa satelit pengumpul intelijen pemerintah pada Jumat (12/1) dengan misi mengawasi pergerakan di lokasi militer di Korea Utara dan meningkatkan respons terhadap bencana alam.

Seperti dilaporkan Associated Press, Roket H2A yang diluncurkan oleh Mitsubishi Heavy Industries Ltd. lepas landas dari Tanegashima Space Center di barat daya Jepang, membawa satelit optik sebagai bagian dari upaya pengintaian Tokyo untuk segera membangun kemampuan militernya.

Satelit dapat menangkap gambar bahkan dalam cuaca buruk. Jepang memulai program satelit pengumpulan intelijen setelah rudal Korea Utara terbang di atas Jepang pada 1988 dan bertujuan membangun jaringan 10 satelit untuk mendeteksi dan memberikan peringatan dini terhadap kemungkinan peluncuran rudal.

Pemerintahan Kishida, berdasarkan strategi keamanan nasional yang diadopsi pada 2022, berupaya mengerahkan rudal jarak jauh Tomahawk buatan AS dan rudal jelajah lainnya pada awal tahun depan untuk membangun lebih banyak kemampuan serangan, yang merupakan terobosan dari strategi pertahanan negara yang hanya bersifat pertahanan diri pasca perang, mengutip kemajuan pesat senjata di Tiongkok dan Korea Utara.

Roket H2A berbahan bakar cair yang dioperasikan Mitsubishi Heavy dengan dua sub-roket berbahan bakar padat telah mencapai 41 keberhasilan berturut-turut sejak kegagalan pada tahun 2003, dengan tingkat keberhasilan 98 persen.


Redaktur : Lili Lestari
Penulis : Lili Lestari

Komentar

Komentar
()

Top