Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Jepang Biakkan Babi untuk Cangkok Organ ke Manusia

Foto : ANTARA/Kyodo

Anak babi hasil rekayasa genetika yang dibiakkan untuk transplantasi organ dan sel manusia oleh tim yang dipimpin oleh perusahaan Jepang PorMedTec Co.

A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO - Tim yang dipimpin perusahaan ventura Jepang berhasil membiakkan tiga babi hasil rekayasa genetika untuk digunakan dalam cangkok organ dan sel manusia untuk pertama kalinya di Jepang, menurut keterangan perusahaan itu pada Selasa (13/2).

Namun, keamanan dari cangkok lintas spesies tersebut masih diselidiki dengan pengujian hewan lebih lanjut untuk saat ini, kata perusahaan bernama PorMedTec Co. yang diluncurkan berdasarkan penelitian Institut Internasional Penelitian Sumber Daya Hayati Universitas Meiji.

Seperti dikutip dari Antara, tim yang beranggotakan perusahaan bioteknologi dari Amerika Serikat, eGenesis itu membiakkan babi menggunakan sel, yang dipasokpada September oleh perusahaan AS tersebut, yang memiliki 10 gen berbeda yang dimodifikasi untuk melawan penolakan oleh tubuh manusia, kata PorMedTec dalam pernyataan resminya.

Telur yang telah dibuahi, yang diproduksi pada Oktober menggunakan teknologi kloning sel somatik untuk menghasilkan individu identik secara genetik, ditanamkan ke dalam rahim induk babi pengganti.

Ketiga anak babi hasil kloning sel tersebut kemudian dilahirkan melalui operasi sesar. Setelah dipastikan mereka tumbuh, ketiga babi akan disumbangkan ke lembaga ilmiah di Jepang untuk digunakan dalam penelitian cangkok organ ke hewan lain, seperti monyet.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top