Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Hati-hati! Anak Kurang Tidur Sebabkan Sulit Konsentrasi, Segini Waktu Idealnya

Foto : Pixabay

Ilustrasi

A   A   A   Pengaturan Font

Jam tidur pada anak menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan. Sebab, anak yang kurang tidur bisa berdampak buruk.

Guru Besar Departemen Ilmu Kesehatan Anak Universitas Indonesia Rini Sekartini mengatakan, anak usia sekolah yang kurang tidur bisa mengalami sulit berkonsentrasi hingga mengurangi prestasi akademik anak.

"Pada anak besar usia sekolah, kurang tidur dapat menyebabkan anak kurang konsentrasi, tidak fokus, selanjutnya akan menyebabkan masalah belajar dan mengurangi prestasi akademik anak," kata Rini, dikutip dari Antara, Kamis (2/3).

Rini yang juga tergabung dalam Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) itu menjelaskan bahwa anak memiliki durasi tidur yang berbeda. Adapun durasi tidur anak berbeda-beda sesuai dengan usianya masing-masing.

Misalnya, anak berusia 4 hingga 12 bulan baiknya mempunyai durasi tidur selama 12 hingga 16 jam per hari. Kemudian 1 hingga 2 tahun tidur selama 11 sampai 14 jam per hari dan usia 3 sampai 5 tahun tidur 10 hingga 13 jam per hari.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top