Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan Jadi Jurus Jitu untuk Tekan Kasus Stunting di Jember

Foto : ANTARA/HO-Diskominfo Jember

Bupati Jember Hendy Siswanto membakar ikan dalam pencanangan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) yang digelar di alun-alun Jember, Jawa Timur, Jumat (1/12/2023).

A   A   A   Pengaturan Font

Jember - Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Wakil Bupati M. Balya Firjaun Barlaman mencanangkan gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) untuk menekan kasus stunting yang digelar di alun-alun Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat.

Pencanangan Gemarikan itu ditandai dengan membunyikan sirine bersama-sama oleh bupati dan sejumlah pejabat, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama untuk meningkatkan konsumsi protein dengan makan ikan melalui budaya sarapan sehat dengan Gemarikan.

"Pentingnya makan ikan mengandung protein khususnya bagi ibu hamil dan balita merupakan upaya untuk menekan problem tumbuh kembang atau stunting agar segera terselesaikan," kata Hendy di alun-alun Jember.

Pemkab Jember juga memberikan bantuan untuk satu keluarga mendapatkan satu kolam ikan lele yang diberikan kepada 185 kepala keluarga (KK) dan itu bagian proyek percontohan dalam upaya mengatasi problem tumbuh kembang atau stunting, serta membantu perekonomian keluarga.

Ia mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan agar kesehatan tubuh tetap terjaga karena Kabupaten Jember memiliki hasil perikanan laut yang cukup tinggi, namun konsumsi ikan masih rendah, sehingga diperlukan komitmen bersama untuk mengonsumsi protein dengan makan ikan.

"Saya berharap seluruh karyawan Pemkab Jember wajib mensosialisasikan dan memberikan contoh gemar makan ikan, sehingga bisa diikuti oleh semua warga untuk membiasakan makan ikan," katanya.

Kegiatan pencanangan Gemarikan merupakan usaha dalam meningkatkan gizi dan protein masyarakat Jember terutama untuk ibu hamil dan balita, sehingga nantinya ibu hamil sehat dan balita dapat tumbuh dengan baik dan mencegah terjadinya stunting.

Kegiatan Gemarikan yang diinisiasi Dinas Perikanan Jember itu diharapkan masyarakat yang memiliki lahan masih luas bisa membudidayakan ikan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani.

Dinas Perikanan Jember juga berusaha untuk terus menggerakkan seluruh nelayan-nelayan yang ada di kabupaten setempat gencar mendistribusikan hasil tangkapannya ke pasar-pasar tradisional.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top