Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Gerak Cepat, Riau Buka Vaksin Rabies Gratis Mulai 7 Oktober 2023

Foto : ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Ilustrasi - Pelaksanaan pelayanan kesehatan hewan di UPTD Balai Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Laboratorium Lampung.

A   A   A   Pengaturan Font

Pekanbaru - Gerak cepat, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau membuka pemberian vaksin rabies gratis untuk seluruh hewan peliharaan masyarakat seperti anjing, kucing kera dan musang mulai 7 Oktober 2023, guna memeriahkan "Hari Rabies Sedunia".

"Masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, silakan membawa peliharaannya ke tempat vaksin dan jangan khawatir terkait stok vaksin karena tersedia mencukupi," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau Herman dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan, pemberian vaksin gratis pada hewan penular rabies tersebut digelar 7 Oktober 2023 dil ingkungan Pemprov Riau kegiatan dilaksanakan di kantor Dinas PKH Riau di Jalan Pattimura Pekanbaru dan di kantor Camat Tenayan Raya Kota Pekanbaru.

Menurut Herman vaksin rabies adalah tindakan imunisasi yang berguna untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus rabies.

"Jika diberikan sesegera mungkin setelah terpapar virus maka vaksin dapat membantu mencegah perkembangan penyakit ini dan memberikan kesempatan untuk sembuh," katanya.

Sedangkan kematian akibat rabies katanya lagi biasanya disebabkan oleh keterlambatan mendapat pengobatan medis darurat.

Selain itu kegiatan yang sama juga bakal digelar di 12 kabupaten/kota di Riau sebab pemberian vaksinasi ini juga dilaksanakan serentak se Indonesia untuk dapat meraih penghaargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk pemberian vaksin terbanyak pada hewan peliharaan.

"Hewan peliharaan yang divaksin adalah anjing, kucing, musang dan juga kera minimal berusia tiga bulan dalam kondisi sehat dan tidak bunting.
Segera bawa hewan peliharaan anda untuk mendapatkan vaksin rabies gratis pada tempat yang sudah ditunjuk," demikian Herman.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top