Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Antisipasi Lonjakan Inflasi, Riau Andalkan Produksi Cabai Asli Daerah

Foto : ANTARA/Frislidia

Pedagang cabai di Pasar Cik Puan Kota Pekanbaru, kini mengeluhkan omset mereka turun hingga 70 persen akibat harga cabai juga tinggi.

A   A   A   Pengaturan Font

Pekanbaru - Pemerintah Provinsi Riau kini mengandalkan produksi cabai asal atau asli daerah Riau yang ditanam pada lahan tanaman cabai seluas 16,5 hektare di Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Siak, dan Kuantan Singingi.

"Lahan seluas 16,5 hektare dengan tanaman cabai pada tiga lokasi itu kini siap panen sehingga masyarakat Riau senang bisa membeli produk non migas itu dengan harga terjangkau," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan UMKM, Taufik OH kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, keberadaan sentra produksi cabai di tiga kabupaten itu semoga dapat memenuhi kebutuhan cabai bagi masyarakat Riau apalagi saat ini harga cabai mencapai Rp130 ribu/kg itu.

Harga cabai hari ini Rp130.000/kg, naik Rp46 ribu/kg dari harga beberapa hari sebelumnya yang hanya Rp84.000/kg. Karena itu Pemerintah Provinsi Riau dalam rapat koordinasi memutuskan memasok cabai dari tiga daerah di Riau itu masing-masing memiliki luas sentra tanaman cabai dengan panen bisa mencapai 8 hektare di Kabupaten Kuantan Singingi, di Siak 8,5 Hektare jadi dan seluruhnya mencapai 16 hektare itu.

"Seminggu lagi Riau akan panen cabai untuk dua daerah tersebut dan sesuai kesepakatan maka cabai tersebut dipasarkan khusus di dalam Riau saja seperti di Kota Pekanbaru, Dumai dan Kampar. Kebijakan ini untuk mengantisipasi harga cabai dari Sumbar yang cukup tinggi itu,"katanya.

Pihaknya meyakini pula pasokan cabai mampu menekan harga membubung tinggi untuk komoditas cabai tersebut karena sentra tanaman cabai di Kabupaten Indragiri Hilir juga bakal panen raya.

Selain berkoordinasi dengan petani cabai di Riau, pihaknya juga akan bekerja sama denganKecamatan Sibolangitsalah satukecamatanyang berada di kawasan dataran tinggi, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.Sibolangit sebagai salah satu daerah sentra penghasil cabai terbesar di Sumatera Utara.

Taufik mengatakan Pemprov Riau dalam beberapa hari ini akan meninjau ke Sibolangit untuk menjajaki kerja sama antara BUMD Riau dengan Kecamatan Sibolangit, Sumatera Utara, karena mereka memiliki lumbung pangan yang cukup luas.


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top