Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Sengketa LTS I Kelompok Atin Ito Mengklaim Berhasil Jalankan Misi ke Scarborough Shoal

Konvoi Kapal Filipina Urung ke Scarborough Shoal

Foto : AFP/Ted ALJIBE

Dibayangi Penjaga Pantai l Sebuah kapal Penjaga Pantai Tiongkok memantau dari kejauhan konvoi kapal nelayan Filipina yang digagas kelompok sipil yang berlayar di LTS pada Kamis (16/5). Kelompok sipil ini urung melakukan pelayaran ke Scarborough Shoal karena terus dibayangi kapal Tiongkok.

A   A   A   Pengaturan Font

Setelah menyatakan berhasil menjalankan misinya, kelompok warga sipil Filipina membatalkan pelayaran konvoi kapal mereka ke Scarborough Shoal karena terus dibayangi kapal Tiongkok.

MANILA - Konvoi kapal sipil Filipina yang membawa perbekalan untuk para nelayan Filipina mengatakan bahwa mereka kembali ke pelabuhan pada Kamis (16/5) dan membatalkan rencana untuk berlayar ke terumbu karang yang dikuasai Tiongkok di lepas pantai negara Asia tenggara tersebut setelah salah satu kapal mereka terus-menerus dibuntuti oleh sebuah kapal Tiongkok.

Konvoi koalisi Atin Ito berlayar pada Rabu (15/5) lalu untuk mendistribusikan bahan bakar dan makanan kepada para nelayan serta untuk menegaskan hak-hak Filipina di Laut Tiongkok Selatan (LTS) yang disengketakan, yang hampir seluruhnya diklaim oleh Tiongkok meskipun ada keputusan internasional yang menentang pernyataan tersebut.

Pelayaran tersebut dilakukan dua pekan setelah Manila, yang memiliki klaim yang bersaing di laut tersebut, mengatakan kapal Penjaga Pantai Tiongkok telah merusak dua kapal pemerintah Filipina dengan meriam air bertekanan tinggi di dekat Scarborough Shoal.

"Kami sekarang akan melanjutkan pelayaran ke pelabuhan ikan Subic untuk menandai akhir dari keberhasilan misi kami," demikian pernyataan kelompok itu.

Sebuah kapal Penjaga Pantai Filipina yang mengawal konvoi tersebut juga kembali ke pelabuhan yang sama, yang terletak di utara Manila, kata badan Penjaga Pantai Filipina.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top