Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

Kecerdasan Buatan Berpotensi Digunakan 62 Persen Entitas Bisnis

Foto : istimewa

ceo mekari

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Mekari, perusahaan solusi digital di Indonesia, meluncurkan hasil riset berjudul Artificial Intelligence (AI) Adoption Readiness of Businesses in Indonesia. Dalam penelitian ini ditemukan menemukan tiga level kesiapan perusahaan di Indonesia untuk mengadopsi teknologi kecerdasan buatan.

Riset tersebut diluncurkan saat Mekari Conference 2023, konferensi teknologi tahunan yang menghimpun pakar, pebisnis, dan profesional lintas industri untuk membahas peran teknologi bagi bisnis. Tahun ini, Mekari Conference mengambil tema 'Digital Reinvention for Tomorrow's Business' dan berlangsung Kamis, 7 September 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.

CEO Mekari, Suwandi Soh, mengatakan, berdasarkan riset yang dilakukan pada kuartal pertama 2023, perusahaan di Indonesia sudah gencar melakukan transformasi digital. Hal ini dilakukan untuk menjadi pondasi untuk mengadopsi teknologi mutakhir masa depan, yaitu AI.

"Teknologi AI akan merevolusi cara perusahaan beroperasi dengan menghadirkan sederet manfaat, mulai dari otomatisasi hingga peningkatan produktivitas. Perusahaan segala ukuran, mulai dari UMKM hingga yang besar, harus mempersiapkan diri, baik dari segi infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM), untuk memanfaatkan AI bagi kemajuan bisnis di tengah revolusi industri 4.0," ujar dia dalam konferensi pers virtual, Kamis (7/9).

Riset Mekari menemukan bahwa kesiapan perusahaan untuk mengadopsi teknologi AI dapat diukur dari tiga level implementasi teknologi saat ini. Di level pertama atau terdasar, perusahaan telah memanfaatkan setidaknya satu macam solusi digital untuk meningkatkan produktivitas di salah satu proses atau kegiatan bisnis utama. Sebanyak 95 persen bisnis menengah dan besar di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya berada di level ini.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka
Penulis : Haryo Brono

Komentar

Komentar
()

Top