Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

India Resmikan Jembatan Laut Terpanjang

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

MUMBAI - Jembatan laut terpanjang di India telah beroperasi di sepanjang pantai Mumbai. Peresmian jembatan Mumbai Trans Harbour Link sepanjang 22 kilometer dilaksanakan pada Jumat (12/1).

Jembatan ini menghubungkan bagian tengah kota di bagian barat India itu dengan kawasan di seberang teluk.

Konstruksi dimulai pada tahun 2018. Lebih dari 70 persen biayanya berasal dari pinjaman Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) yang jumlahnya lebih dari 242 miliar yen, atau sekitar 1,7 miliar dollar AS. Strukturnya terdiri dari balok-balok jembatan yang dirakit dengan teknologi Jepang.

"Saya sangat berterima kasih kepada pemerintah Jepang atas kerja sama yang telah diberikan dalam membangun jembatan ini," ucap Perdana Menteri India, Narendra Modi, saat berbicara pada acara peresmian tersebut.

Mumbai adalah kota komersial terbesar di India. Kawasan urbanisasi yang pesat ini memiliki populasi sekitar 18 juta orang dan jembatan ini diharapkan dapat mengurangi masalah lalu lintas dan polusi udara.SB/NHK/And


Redaktur : andes
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top