Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Kualitas SDM

DPR-Kemenkes Gelar Germas Cegah Stunting

Foto : ANTARA/Altas Maulana

Perwakilan Kemenkes RI bersama Legislator RI, Ade Rezki Pratama dan Bupati Agam saat pemeriksaan kesehatan kegiatan Germas, Minggu (26/11).

A   A   A   Pengaturan Font

DPR-Kemenkes Gelar Germas Cegah Stunting

LUBUK BASUNG - DPR dan Kemenkes RI menggelar sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dengan materi pengaruh kesehatan jiwa dalam mencegah stunting untuk mewujudkan generasi emas Indonesia 2045, di Panampung Kabupaten Agam Sumatra Barat Minggu (26/11).

Fungsional promosi kesehatan dan Ilmu perilaku ahli madya tim kerja promosi kesehatan jiwa dan kemitraan pada Direktorat Kesehatan Jiwa Kemenkes RI Bambang Purwanto di AgamMinggumengatakan, kesehatan mental pada ibu saat hamil dan pasca melahirkan serta di usia emas anak pada balita bisa mempengaruhi terjadinya stunting, kondisi stres atau baby blues seorang ibu menyebabkan depresi panjang yang berpengaruh terhadap anak.

Ia meminta penjagaan kesehatan mental baik untuk anak dan ibu harus dimulai sejak awal guna melahirkan tokoh-tokoh bangsa yang akan dimulai dari target nasional Indonesia Emas. "Kesehatan mental dimulai dari keluarga terkecil. Sumatera Barat bisa dijadikan contoh dengan banyaknya lahir tokoh nasional sejak dulu. Peran serta kedua orang tua sangat diperlukan," katanya.

Ia mengatakan sosialisasi dan edukasi harus dilakukan terus menerus dimulai dari hal-hal kecil.

Pengaruh seorang kepala menjadi strategis untuk menciptakan generasi berprestasi. "Kaya atau rupawan itu mungkin takdir. Tetapi menjadikan anak hebat melalui kepintaran itu merupakan hasil dari ikhtiar atau usaha dari penanggung jawab keluarga. Saya masih melihat bapak yang merokok di sekitar anaknya, ini perlu perhatian karena secara tidak langsung menjadikan anak terpapar nikotin," kata Bambang.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : -
Penulis : Antara, Alfred

Komentar

Komentar
()

Top