Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Pemanasan Global

Bank Dunia: Pendanaan Sektor Swasta Menjadi Kunci Transisi Iklim

Foto : JIM WATSON / AFP

Presiden Bank Dunia, Ajay Banga.

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Bank Dunia berupaya memangkas waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek pembiayaan sebagai bagian dari upaya untuk mempercepat dan memperluas pemberi pinjaman pembangunan.

"Saat ini dibutuhkan rata-rata 27 bulan sebelum dollar AS pertama keluar. Jika saya bisa menurunkan sepertiganya dalam beberapa tahun pertama, itu akan cukup bagus, bank perlu berubah dan berkembang," kata Presiden Bank Dunia, Ajay Banga, pada Rabu (3/1), dalam sebuah wawancara di kantornya.

Dikutip dari The Straits Times, Banga, seorang warga negara Amerika Serikat kelahiran India yang dinaturalisasi dan sebelumnya menjalankan perusahaan pembayaran Mastercard, mengambil alih manajemen bank tersebut pada bulan Juni dengan janji untuk meningkatkan daya pinjamannya dengan mendorong investasi swasta yang lebih besar dalam perjuangan melawan perubahan iklim.

Dalam tujuh bulan sejak itu, pria berusia 64 tahun ini telah membuat beberapa perubahan besar, mengubah pernyataan misi pemberi pinjaman pembangunan dengan memasukkan referensi ke perubahan iklim, dan membentuk badan penasihat sektor swasta untuk merekomendasikan solusi guna mengatasi hambatan terhadap sektor swasta. investasi sektor di pasar negara berkembang.

Ia juga telah menjajaki cara-cara baru untuk mengeringkan neraca bank yang ada guna meningkatkan kapasitas pinjaman tanpa pendanaan tambahan dari negara-negara donor.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top