Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis
Pengelolaan Fiskal - Produksi Tujuh Raksasa Batu Bara Hampir 300 Juta Metrik Ton

Naikkan Pajak Ekspor Batu Bara

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Kenaikan tarif ekspor batu bara diperkirakan bisa membantu menahan pembengkakan subsidi BBM.

JAKARTA - Pemerintah semestinya menaikkan tarif ekspor energi kotor batu bara, minimal 25 persen. Sebab, saat ini para taipan batu bara mendulang untung besar dari kenaikan harga komoditas tersebut di pasar global.

Sementara di dalam negeri pemerintah terpaksa mengencangkan ikat pinggang karena makin kecilnya ruang fiskal dengan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Padahal, apabila tarif ekspor batu bara dinaikkan bisa membantu menahan penbengkakan subsidi BBM.

"Agar tak membengkak lebih besar subsidi BBM-nya, naikkan pajak lebih tinggi lagi kepada sektor batu bara, minimum 25 persen, karena mereka dapat durian runtuh dari kenaikan harga komoditas," tegas Ekonom Senior, Faisal Basri, dalam diskusi virtual akhir pekan lalu.

Senada, Pengamat Ekonomi, Salamudin Daeng, bahkan mendesak kenaikan tarif ekspor juga diberlakukan untuk barang-barang yang diproduksi dengan listrik bersumber dari energi batu bara.

"Kalau pemerintah kenakan pajak ini maka memang berpotensi menggandakan pajak yang akan dibayar pengusaha batu bara. Pemerintah bisa mendapatkan lebih besar dari pajak batu bara untuk menambal APBN," ucapnya.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top