Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Daya Saing Produk

Merek Lokal Harus Punyai Karakter Sendiri

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah mendorong semua merek lokal harus mempunyai karakter tersendiri. Hal itu diharapkan dapat tampil mewarnai ketika masuk ke dalam pasar internasional dan mampu bersaing secara setara.

"Budaya yang kaya bisa menjadi modal inspirasi bagi brand lokal untuk tampil berbeda dengan misalnya brand-brand di Paris (Prancis), berbeda dengan brand-brand di Amerika, dan lain sebagainya. Jadi, kita punya ciri khas," ucap Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, saat menghadiri pembukaan Fashion Show Pintu Inkubator di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (4/9).

Baca Juga :
Optimalkan TKDN

Lebih lanjut, dia mendorong merek-merek lokal di Indonesia masuk ke ekosistem bisnis fesyen global sehingga terkoneksi ke pasar yang lebih luas. Meskipun banyak merek ternama bermunculan di pasar global, kata dia, hal tersebut tak boleh menjadi hambatan bagi jenama lokal Tanah Air untuk bersaing secara sehat.

"Yang penting bagaimana brand-brand lokal ini bisa memperkaya industri fashion dunia dan kita juga punya karakter tersendiri, punya style sendiri, sehingga ketika betul-betul masuk ke pasar global kita punya market sendiri. Di situlah kreativitas diperlukan," ungkap Teten.

Inkubator Bisnis
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Antara

Komentar

Komentar
()

Top