Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Edisi Weekend Foto Video Infografis

Korea Utara Siap Luncurkan Satelit Mata-mata Militer

Foto : Istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Korea Utara mengumumkan rencana untuk meluncurkan roket yang tampaknya membawa satelit mata-mata militer keduanya selama periode delapan hari mulai Senin, yang mengundang kecaman keras dari negara tetangga Korea Selatan dan Jepang.

Pemberitahuan tentang rencana peluncuran tersebut, yang dilarang berdasarkan resolusi PBB, muncul ketika Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida bertemu dengan Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang di Seoul untuk pertemuan trilateral pertama mereka dalam lebih dari empat tahun.

Pasukan penjaga pantai Jepang mengatakan bahwa pihaknya telah diberitahu oleh Korea Utara tentang rencana peluncuran "roket satelit", dengan peringatan untuk berhati-hati di perairan antara Semenanjung Korea dan Tiongkok dan di sebelah timur pulau utama Filipina, Luzon, mulai hari Senin hingga tengah malam tanggal 3 Juni.

Korea Utara memberikan informasi peluncurannya kepada Jepang karena penjaga pantai Jepang mengkoordinasikan dan mendistribusikan informasi keselamatan maritim di Asia Timur.

Peluncuran yang direncanakan oleh Korea Utara dianggap sebagai upaya untuk menempatkan satelit mata-mata militer keduanya ke orbit. Militer Korea Selatan mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka mendeteksi tanda-tanda yang dicurigai sebagai persiapan untuk meluncurkan satelit mata-mata di fasilitas peluncuran utama Tongchangri di barat laut Korea Utara.
Halaman Selanjutnya....


Editor : Fiter Bagus
Penulis : Rivaldi Dani Rahmadi

Komentar

Komentar
()

Top