Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Penguatan Riset

Harvard Kembangkan Baterai Litium yang Diisi Ulang dalam 10 Menit

Foto : ISTIMEWA

Peneliti di Harvard SEAS, Xin Li

A   A   A   Pengaturan Font

BOSTON - Para peneliti di Harvard John A. Paulson School of Engineering and Applied Sciences (SEAS) baru-baru ini melakukan terobosan dengan mengembangkan baterai litium solid-state (padat) yang dapat diisi ulang hanya dalam waktu sekitar 10 menit.

Dikutip dari Electrec, inovasi ini juga dapat diisi dan dikosongkan setidaknya 6.000 kali, lebih banyak dibandingkan sel baterai kantong lainnya. Penelitian yang dipublikasikan di Nature Materials menjelaskan cara baru untuk membuat baterai solid-state dengan anoda logam litium.

Menurut Xin Li, peneliti di SEAS dan penulis senior makalah ini, baterai anoda logam litium dianggap sebagai baterai terbaik karena memiliki kapasitas sepuluh kali lipat dari anoda grafit komersial dan secara drastis dapat meningkatkan jarak berkendara kendaraan listrik.

"Penelitian kami merupakan langkah penting menuju baterai solid-state yang lebih praktis untuk aplikasi industri dan komersial," ujarnya.

Tantangan Terbesar
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S

Komentar

Komentar
()

Top