Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Stabilitas Kawasan

AS: Houti Lancarkan 27 Serangan di Laut Merah dalam 2 Bulan

Foto : MANDEL NGAN/AFP

Presiden AS, Joe Biden

A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON - Komando Pusat Amerika Serikat atau Central Command (Centcom) mengatakan kelompok Houti Yaman telah melancarkan 27 serangan terhadap kapal-kapal komersial di Laut Merah sejak 19 November 2023.

Pada Kamis (11/1), kelompok bersenjata Houthi yang didukung Iran meluncurkan rudal balistik anti-kapal dari wilayah Yaman yang dikuasainya ke jalur pelayaran internasional di Laut Merah.

"Pada 11 Januari sekitar pukul 02.00 pagi waktu Sana'a, kelompok Houthi yang didukung Iran menembakkan rudal balistik anti-kapal dari wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman ke jalur pelayaran internasional di Teluk Aden," kata Centcom di X pada Jumat (12/1).

Seperti dikutip dari Antara, sebuah kapal komersial melihat rudal Houthi itu jatuh ke laut tanpa menyebabkan korban atau kerusakan. "Ini adalah serangan ke-27 Houthi terhadap pelayaran internasional sejak 19 November," kata Centcom.

Serangan itu terjadi satu hari setelah Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) mengesahkan resolusi yang mengecam dan menuntut penghentian segera serangan Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Marcellus Widiarto
Penulis : Selocahyo Basoeki Utomo S, Eko S

Komentar

Komentar
()

Top