Pangdam Cendrawasih yang Baru Bukan Jenderal Sembarangan, Dia Alumni Kopassus | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 19 2021
No Comments

Pangdam Cendrawasih yang Baru Bukan Jenderal Sembarangan, Dia Alumni Kopassus

Pangdam Cendrawasih yang Baru Bukan Jenderal Sembarangan, Dia Alumni Kopassus

Foto : Istimewa.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Kodam Cendrawasih, Papua, kini punya panglima baru. Dia adalah Mayor Jenderal Ignatius Yogo Triyono. Jenderal Yogo jadi Pangdam Cendrawasih menggantikan almarhum Letjen Herman Asaribab.

Letjen Herman Asaribab sendiri kemudian naik kelas menjadi Wakasad. Tapi, baru beberapa saat menjabat, Jenderal Herman meninggal karena sakit. Siapa Mayjen Ignatius Yogo Triyono, Pangdam Cendrawasih yang baru ini?

Ternyata, jenderal angkatan darat kelahiran Cimahi,  16 Juli 1965 ini bukan jenderal sembarangan. Lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun  1988 merupakan prajurit pilihan. Jenderal Yogo, tidak lain alumni Kopassus. Sejak lulus dari Akmil, karirnya memang dimulai di Korps Baret Merah tersebut. 

Di Kopassus, Jenderal Yogo pernah menjabat sebagai Danunit, Danden, Pasi Grup 1/Parako Kopassus. Jabatan ini dipegangnya dari tahun 1988 sampai 1998. Setelah itu, Yogo menjadi Danyon 13 Grup 1 Kopassus.

Tahun 2008, dia diangkat menjadi Waasops Danjen Kopassus. Setahun berikutnya, yakni tahun 2009, Yogo dikirim ke Kamboja untuk menjadi atase pertahanan di sana. 

Pulang dari Kamboja, tahun 2010, Jenderal Yogo ditarik ke Papua dengan menjadi  Aster Kasdam XVII/Cenderawasih. Selanjutnya dia menjadi Pamen Denmabesad (Sesko TNI). Pada tahun 2013, Yoga menjadi Pamen Ahli Golongan IV Kopassus Bidang Nubika. Kemudian pada tahun 2015, ia menjadi  Paban III Siapsat/Sopsad. 

Setelah itu ditarik ke BAIS TNI menjadi Wadan Satintel. Usai bertugas di BAIS, Yogo menjadi Komandan Korem 171/Praja Vira Tama. Jabatan ini dipegangnya dari tahun 2016 sampai 2019.

Tahun 2019 sampai 2020, dia diangkat menjadi Wadanpusterad. Kemudian menjadi Dansecapaad di tahun 2020. Pada bulan Desember 2020, Yogo  resmi bertugas sebagai jenderal nomor satu di Kodam Cendrawasih alias menjadi Pangdam Cendrawasih. ags/N-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment