50 Tokoh Prodemokrasi Hong Kong Ditangkap | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 27 2021
No Comments

50 Tokoh Prodemokrasi Hong Kong Ditangkap

50 Tokoh Prodemokrasi Hong Kong Ditangkap

Foto : AFP/Peter PARKS
Penangkapan Oposisi - Seorang pemimpin kelompok politik prodemokrasi di Hong Kong bernama Ben Chung (tengah depan), saat digiring polisi setelah ditahan bersama puluhan tokoh oposisi lainnya pada Rabu (6/1). Para tokoh oposisi prodemokrasi ini ditangkap dengan dakwaan telah melanggar UU Keamanan Nasional.
A   A   A   Pengaturan Font

HONG KONG – Lebih dari 50 tokoh prodemokrasi ditangkap kepolisian Hong Kong pada Rabu (6/1) karena didakwa melanggar Undang-Undang Keamanan Nasional. Penangkapan massal ini merupakan yang terbesar sejak Tiongkok memberlakukan UU tersebut Juni silam.

Kementerian Keamanan Hong Kong menyatakan semua tokoh prodemokrasi itu telah terlibat dalam kampanye pemilu ilegal tahun lalu.

"Operasi hari ini menargetkan elemen-elemen aktif yang diduga terlibat dalam tindak kejahatan menumbangkan, mencampuri dan secara serius menghancurkan kemampuan pemerintah Hong Kong mengeksekusi tugas-tugasnya,” kata Menteri Keamanan Hong Kong, John Lee.

Lee pun menambahkan bahwa para tersangka telah berusaha melumpuhkan pemerintahan, dengan merebut mayoritas kursi di parlemen dan memaksa kepala eksekutif Hong Kong untuk mengundurkan diri.

Penangkapan massal di Hong Kong mengundang kecaman dari Anthony Blinken, bakal Menteri Luar Negeri Amerika Serikat yang dinominasikan presiden terpilih Joe Biden. Dalam cuitannya di media sosial, Blinken menulis bahwa penangkapan itu merupakan serangan terhadap mereka yang secara berani mengadvokasi hak-hak universal. SB/AFP/DW/I-1

 

 

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment