Kawal Pemilu Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis

UMKM Olahan Ikan Ikut Tekan Stunting

Foto : Istimewa.

Owner UMKM Graha Pratama Fish H. Suhaimi (kiri) dan Dr. Eni Sumiarsih, Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata  Riau (kanan) di sela-sela acara Forum Kapasitas Nasional III tahun 2023, di Jakarta, Jumat (24/11).

A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Langkah pemerintah menurunkan angka prevelansi stunting menjadi 14 persen pada 2024 ternyata ikut mendorong Graha Fish Pratama, UMKM binaan Pertamina Hulu Rokan (PHR) untuk menghasilkan produk olahan ikan yang bisa mengatasi masalah stunting ini.

"Kami memiliki abon hasil olahan ikan patin. Ini untuk mengatasi stunting dan juga sudah menembus pasar ekspor sampai Malaysia," ungkap H Suhaimi, Owner UMKM Graha Pratama Fish ketika ditemui disela sela acara Forum Kapasitas Nasional III 2023, di Jakarta, Jumat (24/11).

Dia menjelaskan Graha Fish Pratama merupakan UMKM yang berlokasi di Desa Koto Masjid yang dikenal sebagai Desa Wisata Kampung Patin, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kampar. Kampung patin sudah mendapatkan anugerah desa wisata.

Sentra Pengolahan dan Budi Daya Ikan Patin binaan PHR dengan mitra pelaksana Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau ini menghasilkan anekaragam produk turunan yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat seperti ikan salai, bakso ikan, nuget, kripik kulit ikan, empek-empek hingga abon patin yang sudah menembus pasar internasional.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Muchamad Ismail
Penulis : Fredrikus Wolgabrink Sabini

Komentar

Komentar
()

Top