Nasional Mondial Ekonomi Megapolitan Olahraga Rona The Alun-Alun Kupas Splash Wisata Perspektif Wawancara Foto Video Infografis
Konflik di Eropa Timur I Perang Russia-Ukraina Telah Memasuki Bulan ke-5

Ukraina Jadi Kandidat Anggota UE

Foto : AFP/SERGEY BOBOK

Dihantam Misil I Seorang tentara Ukraina berjalan di antara reruntuhan bangunan gelanggang olah raga yang berada di Kharkiv National Technical University setelah bangunan itu dihantam misil Russia pada Jumat (24/6). Pada Kamis (23/6) dilaporkan bahwa ­perang Ukraina-Russia telah memasuki hari ke-121.

A   A   A   Pengaturan Font

Uni Eropa akhirnya memberikan status kandidat resmi anggota UE kepada Ukraina. Presiden Ukraina menyebut langkah itu momen bersejarah walau jalan masih panjang untuk menjadi anggota resmi.

BRUSSELS - Para pemimpin Uni Eropa pada Kamis (23/6) memutuskan untuk memberikan Ukraina status kandidat resmi untuk keanggotaan di Uni Eropa (UE). Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, membuat pengumuman itu markas UE di Brussels, Belgia, setelah pembahasan di antara para pemimpin dari 27 negara anggota UE.

UE sendiri telah mendukung Ukraina sejak Russia melakukan invasi 24 Februari lalu dan menerapkan sanksi ekonomi yang luas terhadap Moskwa.

Hanya empat hari setelah Russia melancarkan perangnya, Ukraina secara resmi mengajukan permohonan untuk menjadi anggota UE.

Negara-negara anggota pada awalnya terpecah tentang seberapa cepat UE bisa menerima Ukraina sebagai anggota, dengan Belanda, Swedia dan Denmark, menjadi negara yang paling skeptis.

Keputusan penerimaan anggota baru di UE memang harus disetujui dengan suara bulat oleh semua negara anggota. Sebuah negara baru bisa resmi diterima menjadi anggota baru, jika tidak ada anggota UE yang menyatakan keberatan.
Halaman Selanjutnya....


Redaktur : Ilham Sudrajat
Penulis : AFP

Komentar

Komentar
()

Top